4 Jenis Makanan Nol Karbohidrat Untuk Diabetesi

karbohidrat dapat dibedakan menjadi dua kategori, yakni dalam bentuk sederhana dan kompleks
Karbohidrat merupakan sumber energi bagi tubuh yang dibutuhkan setiap hari, hanya saja kelebihan karbohidrat juga kurang baik, karena akan menyebabkan kadar gula darah meningkat pada penderita penyakit diabetes.

Seperti diketahui, karbohidrat dapat dibedakan menjadi dua kategori, yakni dalam bentuk sederhana dan kompleks. Karbohidrat sederhana biasa dikenal sebagai monosakarida, dan ini bisa ditemukan di beberapa jenis buah-buahan, produk susu dan olahannya, dan makanan olahan seperti roti putih, gula putih, pasta, dan karbohidrat jenis ini biasanya lebih muda dicerna. Karbohidrat kompleks ditemukan di roti dari gandum dan juga pasta, beras merah, kacang-kacangan dan juga sayuran. Kelebihan karbohidrat kompleks adalah mampu menyediakan energi dalam durasi yang lebih lama dan umumnya juga lebih disukai.

Bagi penderita diabetes, tentunya disarankan untuk menjalankan diet karbohidrat rendah, untuk mencegah tingginya kadar gula dalam darah. Biasanya diet nol karbohidrat biasa juga disebut sebagai diet karnivora manusia. Dalam diet ini jenis makanan yang mengandung karbohidrat benar-benar dihapuskan, dan lemak bersama dengan protein dianggap sebagai sumber energi yang utama.

Bagi para diabetesi yang menjalankan diet rendah karbohidrat perlu mengetahui 4 jenis  makanan yang mengandung nol karbohidrat, diantaranya.

Daging – kebanyakan daging tidak memiliki kandungan karbohidrat, kecuali merekan akan diproses. Untuk menghindari kandungan lemak yang berlebihan daging dianjurkan dimasak dengan cara dipanggang atau baking.
Air – air benar-benar bebas karbohidrat, dengan mengkomsumsi air minimal 8 gelas setiap hari sangat baik untuk pencernaan dan dapat mencegah dehidrasi.
Keju – seperti cheddar, fontina, muenster dan monterey jack dianggap sebagai makanan yang mengandung nol karbohidrat.
Sayuran – Salad sayuran contohnya selada, jamur, bayam dan lobak seledri tidak memiliki kandungan karbohidrat.

Nah, itulah penjelasan singkat tentang 4 jenis makanan yang mengandung nol karbohidrat, semoga informasi tersebut bermanfaat bagi penderita diabetes yang sedang menjalankan diet rendah karbohidrat.(Baca juga: Cara Sederhana Menghitung Kebutuhan Karbohidrat)

2 comments:

  1. Berbicara soal daging. Kira-kira daging seperti apa yang baik bagi tubuh.Apakah daging biasa atau Daging Merah. Apakah seluruh daging ?

    ReplyDelete
  2. Daging merah memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi dibanding daging biasa. Jadi silahkan Anda simpulkan sendiri. salam

    ReplyDelete