4 Langkah Sederhana Menghitung Kebutuhan Kalori Anda

Artikel ini membantu Anda mengetahui jumlah kalori yang anda butuhkan setiap hari, dan disertai jumlah kalori di setiap makanan
Asupan nutrisi yang adekuat dan seimbang merupakan ‘kunci utama’ hidup sehat, selain rutinitas olahraga yang teratur. Oleh karena itu nutrisi yang Anda komsumsi tidak boleh berlebihan atau sebaliknya. Kalori seringkali dianggap sebagai pencetus berbagai macam penyakit, terutama penyakit-penyakit degeneratif seperti diabetes mellitus dan jantung koroner. Nah, oleh karena itu, sebaiknya Anda perlu mengetahui cara menghitung kebutuhan harian kalori Anda, lalu bagaimana caranya? baca juga : obat diabetes alami

Anda tidak perlu khawatir, karena ternyata menghitung kebutuhan kalori tidak sesulit yang di bayangkan, hanya diperlukan 4 langkah sederhana seperti dijelaskan berikut ini.

Tinggi badan dikurangi 100
Misalnya, bila Anda mempunyai tinggi badan 160 sentimenter, jika kemudian dikurangi 100 , maka hasilnya adalah 60.
Hasil langkah pertama dikurangi 10 persen.
Jika diambil hasil 60, maka 10 persen dari 60 adalah 6, maka selanjutnya 60 dikurangi 6, maka hasilnya menjadi 54. Nah, hasil ini dianggap sebagai berat badan toleran, maka dapat disimpulkan bahwa berat badan ideal Anda adalah 54-64 kg, jika tinggi Anda 160 sentimeter.
Hasil langkah kedua dikalikan 25 untuk wanita, dan dikalikan 30 untuk pria.
Nah, jika 54 dikali 25 maka hasilnya 1.350, sebaliknya 54 dikali 30 hasilnya 1.620. inilah yang menjadi kebutuhan dasar kalori Anda, yakni 1.350 untuk wanita, dan 1.620 untuk pria, dengan tinggi badan 160 sentimeter.
Hasil langkah ketiga di tambah 20 persen.
20 persen dari 1.350 kal maka hasilnya adalah 270, sedangkan 20 persen dari 1.620 adalah 34. Selanjutnya kemudian 1.350 kalori ditambah 270 maka hasilnya 1.620. sedangkan 1.620 ditambah 324 didapatkan hasil 1.994. Maka kesimpulan akhirnya adalah 1.620 kal merupakan kebutuhan basal bagi wanita yang tingginya 160 sentimeter, dan 1.994 adalah kebutuhan basal bagi pria yang memiliki tinggi badan 160 sentimeter.

Nah, untuk memudahkan Anda untuk mengetahui jumlah kalori yang terdapat pada menu makanan sehari-hari, ini dia daftar menu makanan dan kandungan kalori yang terdapat didalamnya. (buka spoiler)



Hasil basal inilah yang menjadi kebutuhan harian kalori Anda sesuai dengan tinggi badan, selanjutnya hasil tersebut di bagi menjadi 3 kali waktu makan dan 2 kali komsumsi makanan selingan (snack). Namun perhitungan ini berlaku bagi orang dengan aktivitas yang biasa, misalnya pegawai kantor.

Nah, satu hal yang penting Anda ingat bahwa inti dari komsumsi kalori adalah perhitungan yang cerdas dan cermat, bila Anda merasa bahwa komsumsi kalori berlebihan, sementara aktivitas minim, Anda dapat membuangnya dengan melakukan aktivitas olahraga. Dan olahraga sebaiknya Anda lakukan secara rutin minmal 30 menit setiap hari, dengan begitu 200-300 kalori dapat terbuang.

Cukup mudah bukan menghitung kebutuhan kalori Anda? Jika Anda masih membutuhkan informasi lebih lanjut, atau masih bingung menentukan menu harian yang disesuaikan dengan kebutuhan kalori harian Anda, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter Anda.

Sumber Rujukan :
  • Kapita Selekta Kedokteran, Edisi Ke-3, Penerbit Media Ausculapis, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia 2001.
  • Kompas.com

Comments

Popular Posts

EduApps.co.id Soal Ujian Nasional, Ujian Sekolah dan Ulangan Harian Terlengkap di Indonesia

Kenali Bahaya dan Komplikasi Diabetes

Kenali Prinsip dan Syarat Diet Diabetesi