Cara Mudah Mencegah Diabetes Tipe-2

- Wednesday, January 21, 2015
Cara Mudah Mencegah Diabetes Tipe-2
Cara Mudah Mencegah Diabetes Tipe-2
Cara Mudah Mencegah Diabetes Tipe-2 sebenarnya bisa dilakukan terutama bagi Anda yang memang tidak memiliki faktor risiko. Jika memiliki faktor risiko sekalipun, tetap bisa digunakan untuk mencegah atau menunda datangnya penyakit tersebut. Saat ini, belum ditemukan obat penyakit diabetes atau obat herbal diabetes paling ampuh , sehingga ketika seseorang menderita penyakit ini maka belum bisa diobati hanya bisa merawatnya dengan mengontrol kadar glukosa dalam darah tetap normal. Karena jika sampai berada pada tingkat yang tinggi bisa mengakibatkan komplikasi yang menyebabkan kerusakan pada tubuh maupun bagian organ dalam tubuh. Bahkan jika sudah sampai pada tahap yang sangat serius bisa mengakibatkan kematian. Jadi sangat penting dilakukan upaya pencegah agar tidak terkena penyakit diabetes.

Cara Mudah Mencegah Diabetes Tipe-2 ini bisa dilakukan siapa saja baik laki-laki maupun perempuan. Apalagi diabetes tidak mengenal jenis kelamin. Sehingga upaya pencegahan bisa dilakukan siapa saja. Dan beberapa upaya pencegahan yang bisa dilakukan diantaranya :
1. Menjaga Berat Badan Ideal. Tidak kegemukan atau obesitas merupakan salah satu upaya untuk mencegah terkena diabetes. Lemak yang berkumpul di bagian perut disebut-sebut sebagai salah satu risiko pencetus diabetes. Banyaknya lemak yang di sekitar perut disebut-sebut berpengaruh pada menurunnya produksi insulin. Dimana hal tersebut memicu meningkatnya glukosa dan menjadi diabetes tipe-2. Itulah mengapa menjaga berat badan ideal lebih disarankan bukan karena penampilan semata melainkan untuk kesehatan.
2. Batasi Konsumsi Gula. Gula dalam makanan maupun minuman yang manis sudah pasti harus dihindari jika tidak ingin terkena diabetes. Apalagi jika memang memiliki faktor risiko dimana dari faktor genetik atau keluarga  ada yang memang terkena diabetes. Jika tidak memiliki faktor risiko, pastikan terlebih dahulu berada kadar gula darah Anda. Jangan sampai Anda justru kekurangan gula. Jadi, memeriksakan kadar gula terlebih dahulu sehingga Anda pun bisa mulai membatasi konsumsi gula yang dilakukan.
3. Selektif  memilih lemak yang bisa dikonsumsi. Mengapa harus selektif? Pasalnya lemak jenis lemak jenuh sebaiknya dihindari karena bisa menyebabkan resistensi insulin. Jika hal ini terjadi maka bisa mengakibatkan diabetes. Sementara lemak jenis asam lemak omega-3 yang bisa diperoleh pada  ikan maupun lemak dari minyak zaitun maka Anda bisa mengonsumsinya karena memang aman dan baik untuk tubuh. Menghindari lemak yang buruk juga membantu menurunkan berat badan.
4. Olahraga secara teratur. Olahraga yang dilakukan bisa dengan jogging, bersepeda, jalan kaki, naik turun tangga, dan sebagainya. Tetapi olahraga harus dilakukan secara rutin. Jangan sebulan sekali tetapi minimal seminggu sekali. Lebih baik lagi jika tiga hari sekali. Ketika Anda memiliki gaya hidup yang aktif termasuk melakukan olahraga dengan rutin maka hal tersebut bisa membantu upaya untuk mencegah terkena diabetes tipe-2.
5. Memasukkan rempah-rempah pada konsumsi sehari-hari. Ada beberapa jenis rempah-rempah yang sangat baik membantu mencegah terkena diabetes karena mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Beberapa diantara rempah-rempah tersebut misalnya kayu manis dan jahe. Kayu manis bisa dimasukkan dalam menu masakan sedangkan jahe bisa direbus atau diseduh untuk diminum. Tentu saja jangan ditambah dengan gula atau pemanis lainnya.

Nah, bagaimana? Jangan takut untuk memulai melakukan pencegahan terhadap diabetes karena hingga kini belum ada obatnya. Itulah mengapa, harus melakukan upaya untuk mengontrol kadar glukosa dalam tubuh. Toh, Cara Mudah Mencegah Diabetes Tipe-2 bisa dilakukan setiap harinya dan cenderung tidak menyulitkan.

Advertisement