Apa Saja Faktor Penyebab Diabetes Tipe-2

Jika sebelumnya penyakit ini lebih banyak dialami oleh orang dewasa maupun orang tua namun belakangan banyak remaja maupun anak-anak yang didiagnosis mengalami penyakit tersebut. Mengapa demikian? Apa yang menyebabkannya?
Apa Saja Faktor Penyebab Diabetes Tipe-2 layak untuk diketahui karena berdasarkan informasi dari merdeka.com disebutkan bahwasanya 85 hingga 90 persen orang mengalaminya. Jika sebelumnya penyakit ini lebih banyak dialami oleh orang dewasa maupun orang tua namun belakangan banyak remaja maupun anak-anak yang didiagnosis mengalami penyakit tersebut. Mengapa demikian? Apa yang menyebabkannya? Tentu hal ini layak untuk diketahui. Pentingnya mengetahui penyebab penyakit tertentu maka akan lebih memudahkan untuk menghindarinya dan mencegah  mengalami penyakit tersebut. Selain itu bisa segera  ditemukan bagaimana cara untuk menganinya dengan tepat sehingga tidak berkembang menjadi lebih parah. Itulah mengapa perlu kiranya mengetahui apa saja yang menyebabkan seseorang bisa terkena diabetes tipe-2. baca juga : obat diabetes alami

Faktor utama penyebab seseorang bisa mengalami diabetes tipe-2 pada dasarnya ada dua hal. Pertama, karena faktor genetik. Kedua, karena faktor lingkungan. Sebelumnya faktor genetik digembor-gemborkan memiliki peranan utama. Namun belakangan faktor lingkungan terutama gaya hidup lah yang membuat saat ini semakin banyak orang bisa terkena diabetes tipe-2. Tidak hanya diderita oleh orang dewasa atau orang tua saja. Melainkan para remaja bahkan anak-anak sudah mulai banyak terdiagnosa mengalaminya. Mencengangkan, namun begitulah faktanya. Itulah kiranya Apa Saja Faktor Penyebab Diabetes Tipe-2 memang perlu diketahui.

Anak-anak maupun remaja saat ini berbeda dengan anak-anak maupun remaja zaman sebelumnya. Saat ini mereka memiliki kecenderungan untuk berkutat dengan hal-hal instan. Bermain game online, jejaring sosial, telepon genggam, aplikasi message yang semakin canggih dan berbagai perkembangan teknologi yang memungkinkan mereka tidak bertemu secara  langsung untuk berbicara atau berkomunikasi. Para remaja pun sudah banyak yang menggunakan mobil atau kendaraan sendiri. Hal inilah yang membuat anak-anak kurang aktif secara fisik. Belum lagi makanan cepat saji yang dikonsumsi semakin memperparah hal tersebut. Begitu pula dengan orang-orang dewasa yang cenderung tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Selain itu kebanyakan orang enggan untuk melakukan olahraga. Tidak sedikit orang terkena diabetes karena obesitas atau kelebihan berat badan. Apalagi tingkat stress juga semakin tinggi. Bisa dikarenakan masalah pekerjaan, polusi, macet atau justru masalah pribadi seperti masalah keluarga atau percintaan. Stress semakin meningkatkan risiko terkena diabetes.

Akhirnya meskipun faktor genetik adalah faktor utama orang berisiko terkena diabetes namun dengan menjaga gaya hidup maka risiko tersebut setidaknya bisa ditunda. Apalagi jika sebelumnya tidak memiliki risiko terkena diabetes maka dengan mengetahui hal-hal yang menyebabkannya maka hal tersebut bisa mencegah terkena diabetes. Melalui pencegahan dengan memperhatikan betul gaya hidup dalam merdeka.com disebutkan setidaknya 60 persen penyakit diabetes bisa dicegah. Pengecekan gula darah, kolesterol jahat, trigliserida, asam urat  secara rutin perlu dilakukan apalagi jika sudah berusia 35 tahun ke atas. Sehingga Apa Saja Faktor Penyebab Diabetes Tipe-2 bisa segera ditemukan solusinya. Sumber Gambar: Sehateasy.com

Comments

Popular Posts

EduApps.co.id Soal Ujian Nasional, Ujian Sekolah dan Ulangan Harian Terlengkap di Indonesia

Kenali Bahaya dan Komplikasi Diabetes

7 Jus Yang Efektif Menurunkan Gula Darah