Mengupas Fakta Penting Penyakit Diabetes

Fakta Penting Penyakit Diabetes
Fakta Penting Penyakit Diabetes
Fakta Penting Penyakit Diabetes atau kencing manis tidak hanya perlu diketahui oleh penderita diabetes saja atau orang yang memiliki anggota keluarga dengan diabetes. Fakta ini perlu diketahui sejak dini karena diabetes bisa dialami siapa saja bahkan yang tidak memiliki keluarga dengan riwayat diabetes sekalipun. Pria atau wanita, orang tua, dewasa, remaja bahkan anak-anak bisa mengalaminya. Selain itu hal-hal yang berkaitan dengan diabetes perlu diketahui apalagi jika seseorang sudah terkena kencing manis maka seumur hidup akan memilikinya. Hingga kini belum ada obat diabetes alami yang benar-benar bisa menyembuhkannya. Jika telah mengetahui sejak dini maka setidaknya bisa mencegah terjadinya komplikasi penyakit tersebut sehingga tidak semakin parah dan berujung pada kematian.

Kunci utama bisa mengontrol penyakit kencing manis ini, perlu kiranya mengetahui Fakta Penting Penyakit Diabetes seperti yang dikutip merdeka.com dari Mag for Woman, diantaranya yaitu :

1. Banyak orang yang terlambat mengetahui dirinya terkena diabetes. Penyakit diabetes seringkali tidak bisa dideteksi dengan gejala fisik. Jika tidak memeriksakannya melalui tes laboratorium dengan cek kadar gula darah maka kecil kemungkinan orang bisa mengetahui telah mengalami diabetes sejak dini. Tidak jarang orang mengetahuinya setelah mengalami diabetes dengan tingkat yang parah. Itulah mengapa sebaiknya orang yang memiliki risiko tinggi terkena diabetes harus waspada dengan menjaga pola makan, gaya hidup, dan selalu memeriksakan tingkat gula darah secara rutin. Jangan sampai terkena diabetes sehingga lebih baiknya segera mencegahnya.
2. Diabetes bisa memicu penyakit jantung bahkan kebutaan. Ketika orang sudah terkena diabetes maka langkah yang harus dilakukan adalah selalu mengontrol gula darahnya. Karena jika sudah parah bisa memicu penyakit lainnya seperti jantung bahkan kebutaan karena glaukoma akibat diabetes tidak akan bisa normal kembali. Selalu melakukan pengecekan gula darah  adalah langkah terbaik untuk mencegah terjadinya komplikasi terhadap organ tubuh lainnya.
3. Luka yang dialami penderita diabetes akan lama untuk menyembuhkannya. Selama beraktifitas sebaiknya dilakukan hati-hati bagi penderita diabetes. Pasalnya jika mengalami kecelakaan kecil maupun besar yang bisa menyebabkan luka pada bagian tubuh maka akan membutuhkan waktu penyembuhan lebih lama dibandingkan orang tanpa diabetes. Luka cenderung lama kering atau menutupnya. Apalagi jika yang terluka pada bagian kaki dan tumit karena bisa memperbesar terjadinya infeksi pada luka tersebut. Inilah yang terkadang menyebabkan kaki diamputasi.
4. Diabetes tipe-2 seringkali tidak bisa dikenali gejala fisiknya. Inilah yang membuat orang seringkali terlambat menyadari bahwa  sudah terkena diabetes. Mudah lelah dan sering buang air kecil merupakan beberapa gejala yang bisa dikenali namun untuk mengetahui secara pasti, tes kadar gula darah secara teratur adalah solusinya.
5. Hati-hati bagi wanita yang terkena diabetes saat hamil. Diabetes juga adakalanya dialami wanita saat hamil. Hal ini biasanya terjadi karena adanya peningkatan gula darah saat mengandung. Pada gestational diabetes ini biasanya akan segera hilang dan sembuh ketika bayi lahir. Namun sebaiknya jangan lengah karena jika tidak menjaga gaya hidup sehat termasuk pola makan maka penyakit ini bisa bertahan bahkan hingga bayi lahir. Jadi sebaiknya bagi Anda wanita yang mengalami diabetes saat hami, jangan sampai lengah.

Semoga beberapa informasi mengenai Fakta Penting Penyakit Diabetes bisa membuat lebih banyak orang menyadarinya dan bisa mencegah terkena diabetes karena mencegah jauh lebih baik daripada mengobatinya. Apalagi diabetes belum ditemukan pengobatannya.

Comments

Post a Comment

Popular Posts

EduApps.co.id Soal Ujian Nasional, Ujian Sekolah dan Ulangan Harian Terlengkap di Indonesia

Kenali Bahaya dan Komplikasi Diabetes

7 Jus Yang Efektif Menurunkan Gula Darah