Mengenal Lebih Dalam Diabetes Tipe-1

- Friday, January 16, 2015
Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi maupun mengelola diabetes tipe-1 diantaranya dengan Mengenal Lebih Dalam Diabetes Tipe-1 terutama terkait fakta-faktanya yang mungkin belum banyak diketahui, seperti
Perlu kiranya Mengenal Lebih Dalam Diabetes Tipe-1 apalagi diabetes tipe ini diketahui lebih berbahanya jika dibandingkan diabetes tipe-2. Obat-obatan maupun insulin yang ada selama ini tidak mampu mengobati diabetes baik tipe-1 maupun tipe-2. Obat-obatan yang ada  selama ini hanya mampu mengontrol kadar glukosa agar tidak melonjak dan tetap normal. Lonjakan kadar gula inilah yang membahayakan jiwa penderita diabetes. Hal ini tidak lain bisa memicu penyakit lainnya atau disebut juga komplikasi. Begitu seseorang sudah terkena diabetes maka ia tidak bisa berlaku seenaknya dalam mengonsumsi makanan maupun minuman termasuk sayuran dan buah-buahan. Hal ini tidak lain, karena penderita diabetes harus selalu waspada kemungkinan terjadinya lonjakan gula darah.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi maupun mengelola diabetes tipe-1 diantaranya dengan Mengenal Lebih Dalam Diabetes Tipe-1 terutama terkait fakta-faktanya yang mungkin belum banyak diketahui, seperti :

1.Semua orang memiliki risiko terkena. Penyakit diabetes tipe-1 bisa menyerang siapa saja tidak mengenal usia. Hal ini berkaitan erat dengan pola makan dan gaya hidup yang dilakukan. Sehingga tidak hanya faktor genetik semata. Begitu mengalami diabetes tipe-1 maka seumur hidup harus menggunakan insulin. Tidak sedikit, penderita yang jika terlambat menggunakan insulin bisa injeksi atau dipompa ke dalam tubuh maka bisa berakhir dengan kematian.
2.Penyakit yang membutuhkan perawatan ekstra sulit. Penderita diabetes tipe-1 memang membutuhkan perawatan yang ekstra. Hal ini tidak lain karena orang yang mengalami diabetes tipe-1 akan memiliki ketergantungan penggunaan insulin. Dosis yang dibutuhkan pun berbeda-beda. Bisa jadi sangat tinggi. Penggunaannya pun tidak boleh terlewatkan karena bisa berakibat fatal.
3.Termasuk penyakit auto-imun. Diabetes tipe-1 disebut juga sebagai penyakit auto-imun dimana penyakit ini belum ada obatnya. Sebagian besar penyebabnya memang faktor genetik. Tidak seperti diabetes tipe-2 yang sebagian besar disebabkan faktor gaya hidup dan pola makan.
4.Sulit mengenali gejala diabetes tipe-1 karena mirip dengan gejala diabetes tipe-2. Sering merasa haus, lelah, buang air kecil, enggan makan, kesehatan mata berkurang, dalam urine mengandung glukosa, kesulitan bernafas dan sebagainya. Pemeriksaan melalui laboratorium adalah langkah terbaik.

Satu hal lagi yang perlu diingat bahwasanya insulin bukan merupakan obat dan tidak akan bisa menyembuhkan diabetes yang dialami. Penggunaan insulin dengan injeksi dan pemompaan hanya membantu mengontrol kadar gula darah. Selain itu penggunaan insulin juga membantu kebutuhan insulin karena tubuh tidak mampu memproduksinya.

Selain penggunaan insulin, pola makan harus dijaga dengan ketat. Kesabaran sangat diperlukan oleh pasien diabetes maupun keluarganya. Hal ini tidak lain karena adanya pembatasan pada jenis makanan tertentu yang sama sekali tidak boleh dikonsumsi. Jika sampai dilanggar bisa berakibat fatal pada kesehatan tubuh. Itulah mengapa perlu kiranya untuk Mengenal Lebih Dalam Diabetes Tipe-1.

Advertisement