Cara Mudah Mengelola Diabetes

Cara Mudah Mengelola Diabetes
Cara Mudah Mengelola Diabetes memang sebaiknya dilakukan agar tetap mudah mengontrol kadar gula dalam darah dan tidak berkembang menjadi komplikasi. Pasalnya selama ini, diabetes bertambah para menjadi komplikasi misalnya stroke, jantung, ginjal bahkan amputasi karena memang gula darah dalam tubuh meningkat secara drastis. Adakalanya terjadi karena kurangnya perhatian pada diri sendiri. Padahal tidak sedikit orang yang hidup dengan diabetes tetap mampu menjalani kehidupan sehari-harinya secara berkualitas. Tetap beraktifitas dengan lancar dan sehat meskipun memiliki diabetes. Hal ini bisa dilakukan dengan disiplin dalam menerapkan hidup sehat, benar-benar menjaga pola makan maupun tidur, serta selalu siap dengan hal-hal darurat yang terjadi sewaktu-waktu pada penderita diabetes.

Berikut ini beberapa Cara Mudah Mengelola Diabetes yang bisa dicoba yaitu :
Letakkan alat cek gula darah di tempat yang mudah terlihat. Misalnya di meja dekat tempat tidur, kotak obat yang berada di kamar dan seterusnya. Mengapa demikian? Hal ini agar lebih mudah mengingatkan untuk selalu mengecek kadar glukosa setiap hari yaitu ketika bangun tidur dan menjelang tidur. Tanyakan pada dokter Anda berapa kadar gula darah normal saat bangun tidur dan sebelum tidur.
Selalu meletakkan alas kaki di tempat mudah terlihat. Hal ini agar memudahkan untuk menggunakannya dan selalu menggunakannya. Setiap luka kecil sekalipun pada penderita diabetes bisa mengakibatkan komplikasi yang membahayakan jiwa penderita.
Miliki daftar makanan yang memiliki kadar Indeks Glikemiks yang rendah. Hal ini memudahkan Anda untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan ataupun saat akan membeli untuk stok di rumah. Anda bisa meletakkan di dapur, depan kulkas dan lainnya. 
Selalu perhatikan setiap perubahan yang terjadi pada tubuh. Penderita diabetes cenderung sangat mudah mengalami ruam atau luka karena kulit yang mudah kering. Sehingga setiap selesai mandi, selalu cek bagian tubuh yang lembab maupun tersembunyi dimana bakteri mudah sekali untuk tinggal. Jika menemukan ruam atau luka segera diobati jangan diabaikan. Untuk orang normal tentu bukan masalah tetapi untuk orang diabetes akan menjadi masalah besar.
Usahakan selalu membawa air putih di dekat Anda. Hal ini untuk mencegah tubuh kekurangan cairan. Pasalnya ketika kadar gula dalam tubuh tinggi, maka secara alami tubuh akan mengeluarkannya melalui urine. Nah, agar urine tidak terlalu pekat, air yang ada dalam tubuh kemudian sebanyak mungkin ditarik untuk dikeluarkan melalui urine. Tidak hanya itu saja, frekuensi buang air kecil juga lebih sering. Tidak heran kulit penderita diabetes lebih mudah kering. Jadi selalu usahakan minum air putih delapan gelas setiap hari.
Ingat selalu untuk berolahraga. Setidaknya 15 hingga 30 menit setiap harinya. Hal ini diperlukan untuk mengefektifkan kinerja insulin. 
Siapkan selalu permen maupun obat-obatan diabetes yang telah diberikan dokter Anda. Dimanapun Anda berada. Hal ini untuk mencegah jika seandainya tiba-tiba mengalami hipoglikemia dimana kadar gula darah mencapai di bawah 70 mg/dL. Biasanya penderita akan merasa pusing, gemetar dan kelaparan. Biasanya terjadi ketika berolahraga terlalu berat atau bisa juga terlambat makan. Usahakan memiliki jadwal yang pas untuk makan maupun berolahraga termasuk durasi waktunya.
Terlalu ribet? Sebenarnya tidak karena hal tersebut dilakukan semata untuk menjaga kesehatan orang yang memiliki diabetes. Sehingga tetap beraktifitas dengan lancar tanpa khawatir mengalami komplikasi. Jadi jangan ragu untuk menerapkan Cara Mudah Mengelola Diabetes.

0 comments:

Post a Comment