Peran Olahraga dalam Mencegah Diabetes

- Saturday, February 21, 2015
Peran Olahraga dalam Mencegah Diabetes
Selama ini sebagian besar selalu menganjurkan diet atau pola makan yang tepat untuk membantu menurunkan gula darah namun jarang dibicarakan mengenai Peran Olahraga dalam Mencegah Diabetes. Padahal olahraga atau kegiatan fisik memiliki peranan yang sangat penting. Jika hanya sekedar menjaga pola makan namun tidak diimbangi dengan olahraga lama-kelamaan kadar gula darah penderita diabetes tetap saja bisa naik. Olahraga atau aktifitas fisik yang dimaksudkan bukan berarti menyarankan penderita diabetes untuk melakukan olahraga berat. Olahraga yang dilakukan bisa disesuaikan dengan kemampuan. baca juga : obat diabetes alami

Olahraga yang dilakukan misalnya saja membuat jadwal secara rutin. Peran Olahraga dalam Mencegah Diabetes cukup penting karena mampu membakar banyak kalori dalam tubuh. Jika merasa bingung, jenis olahraga apa yang bisa dilakukan, berikut ini beberapa olahraga mudah dan tanpa biaya yang bisa dilakukan, antara lain :

1. Jalan kaki. Jalan kaki mampu membakar banyak kalori. Ketika seseorang berjalan kaki, maka semua otot dalam tubuhnya akan aktif bergerak. Jalan kaki bisa dilakukan setiap pagi setidaknya selama 10 menit. Bisa juga dilakukan lima kali selama satu minggu kemudian porsi atau lama atau jaraknya bisa ditambah per minggu.

2.  Tetap melakukan banyak aktifitas fisik. Banyak aktifitas fisik yang bisa dilakukan. Misalnya saja membersihkan kamar mandi, ruang kamar, ruang tamu atau pekarangan rumah. Bisa juga berkebun atau membersihkan lingkungan rumah. Bersih-bersih merupakan aktifitas fisik yang mampu mengeluarkan banyak kalori. Namun tetap ingat untuk berhati-hati agar kulit tidak terluka. Jika perlu gunakan sarung tangan maupun sepatu boot untuk menjaga kulit tangan maupun kaki dari duri atau hal lainnya yang bisa melukai kulit.

3. Melatih otot tubuh. Olahraga dengan melatih otot juga perlu dilakukan. Misalnya melakukan push-up, sit-up, squat jump, angkat barbel atau beban dan lainnya. Latihan otot akan membantu mempercepat kalori dalam tubuh terbakar sehingga metabolisme tubuh juga akan lebih baik.

Bisa juga dengan bersepeda selama seminggu sekali. Dimulai dengan jarak dekat kemudian ditambah lagi pada kurun waktu tertentu. Bersepeda akan membantu melatih otot pada kaki dan tungkai. Olahraga mana yang paling memungkinkan untuk dilakukan? pilih salah satu atau kombinasikan semuanya. Tentu saja dengan waktu maupun porsi yang tidak berlebihan. Sedikit-sedikit tetapi teratur. Kemudian menambah porsi latihan ketika porsi latihan sebelumnya sudah lebih lancar dan tidak membenani. Inti dari melakukan olahraga tentu saja mengimbangi pola diet atau pola makan yang sudah dilakukan.

Olahraga tersebut bisa dilakukan penderita diabetes. Bisa juga dilakukan jika ingin mencegah terkena penyakit diabetes. Penyakit diabetes bisa dialami siapa saja. Maka upaya pencegahan juga perlu dilakukan siapa saja. Salah satunya melalui olahraga. Jika sebelumnya enggan atau malas berolahraga maka setelah mengetahui Peran Olahraga dalam Mencegah Diabetes sebaiknya jangan ragu untuk melakukannya secara rutin.
Advertisement