Tips Menangkal Diabetes

Tips Menangkal Diabetes
Tips Menangkal Diabetes memang menjadi salah satu hal yang banyak dicari akhir-akhir ini. Pasalnya dalam beberapa tahun terakhir, diabetes atau kencing manis telah menunjukkan jumlah penderita yang cukup serius. Banyak orang yang terkena diabetes. Orang-orang yang terkena diabetes bahkan bukan orang-orang yang masuk dalam faktor risiko misalnya memiliki faktor keturunan karena diabetes. Peningkatan orang-orang yang terkena diabetes justru terjadi pada orang-orang yang tidak menjaga kesehatannya. Pola hidup cenderung tidak sehat, mengonsumsi makanan manis, siap saji, instan dan minim aktifitas fisik maupun olahraga. Tidak hanya terjadi pada orang tua tetapi juga remaja dan anak-anak.

Anda tentu tidak menginginkan diantara anggota keluarga mengalami diabetes bukan? Nah, berikut ini ada beberapa Tips Menangkal Diabetes yang bisa dicoba yaitu :

1. Kenali Penyakit Diabetes. Meskipun diantara keluarga tidak ada yang mengalami penyakit diabetes, dengan melihat perkembangan penyakit ini beberapa tahun terakhir maka tidak ada salahnya mencari berbagai informasi mengenai penyakit ini. Karena dalam beberapa tahun terakhir justru banyak dialami oleh orang-orang yang cenderung abai dengan gaya hidup yang dilakukan. Jika mengetahui apa itu diabetes, bagaimana upaya pencegahan yang bisa dilakukan, pola makan yang tepat dan sebagainya maka bukan tidak mungkin Anda bisa mencegah mengalami diabetes. Tidak hanya untuk Anda tetapi juga keluarga termasuk buah hati.
2. Menentukan porsi makan yang tepat. Selama ini kecenderungan ketika makan, banyak yang lebih mengutamakan porsi makan yang banyak meskipun dalam waktu yang jarang. Padahal hal tersebut justru semakin mempercepat naiknya tingkat gula dalam darah. Kurangi porsi makan dilakukan dalam waktu yang sering justru lebih baik. Ingat! Porsi harus kecil. Jika makan sering dalam porsi yang besar tentu sama saja.
3. Olahraga setiap hari meskipun sebentar. Banyak yang menyarankan untuk rajin berolahraga dan melakukan aktifitas fisik secara rutin. Karena hal ini bisa membantu menjaga berat badan ideal, menurunkan berat badan, menurunkan kadar glukosa dan mampu meningkatkan sensitifitas terhadap insulin. Itulah mengapa setiap hari sebaiknya melakukan olahraga secara rutin. Bisa berjalan kaki, jogging, bersepeda, dan sebagainya sesuai kemampuan Anda.
4. Lakukan sarapan. Sarapan sebaiknya memang dilakukan untuk membantu mengontrol keinginan makan maupun konsumsi kalori. Selama ini ada beberapa orang yang menjauhi sarapan. Namun sebaiknya sarapan dilakukan. Tentu saja dengan menu paling tepat yang mampu mengontrol kadar gula dalam darah misalnya oatmeal dengan irisan buah kiwi atau strawberry.
5. Hindari makanan berlemak dan berminyak. Jauhi gorengan, junk food yang biasanya memiliki lemak jenuh yang sangat tinggi. Konsumsi berlebihan bisa memicu kolesterol maupun trigliserida yang tinggi. Akibatnya bisa meningkatkan kadar glukosa.
6. Tidur Nyenyak dan Hindari Stress. Kurang tidur akan menganggu hormon dalam tubuh. Khususnya hormon kortisol dapat meningkat ketika kurang tidur. Padahal hormon kortisol bisa meningkatkan tingkat insulin dan menganggu keseimbangan glukosa. Orang yang susah tidur atau tidak tidur dengan nyenyak biasanya cenderung mudah lapar. Sementara stress juga bisa memicu naiknya glukosa. Itulah mengapa jika mengalami stress karena suatu hal segera lakukan relaksasi, temukan solusi atau berkumpul bersama teman dan keluarga sehingga tingkat stress dapat berkurang.

Tips Menangkal Diabetes diatas harus dilakukan secara teratur sehingga upaya pencegahan pun lebih maksimal. baca juga : obat herbal diabetes paling ampuh

Comments

Popular Posts

EduApps.co.id Soal Ujian Nasional, Ujian Sekolah dan Ulangan Harian Terlengkap di Indonesia

Kenali Bahaya dan Komplikasi Diabetes

Kenali Prinsip dan Syarat Diet Diabetesi