Gula Bukan Satu-satunya Faktor Penyebab Diabetes

Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal Diabetes Care 2010 mengatakan bahwasanya semakin banyak lemak yang dikonsumsi seseorang maka risiko seseorang tersebut terkena diabetes pun makin meningkat
Gula Bukan Satu-satunya Faktor Penyebab Diabetes, benarkah demikian? bisa jadi belum banyak orang yang mengetahuinya. Padahal selain gula, konsumsi lemak hingga menyebabkan obesitas dan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung juga bisa mengakibatkan penyakit diabetes. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal Diabetes Care 2010 mengatakan bahwasanya semakin banyak lemak yang dikonsumsi seseorang maka risiko seseorang tersebut terkena diabetes pun makin meningkat. Mengapa lemak bisa berpengaruh? Karena kadar lemak pada perut yang terlalu tinggi dikatakan salah satu faktor yang menganggu kinerja insulin. Ketika terlalu banyak lemak yang tertimbun pada tubuh bisa membuat sel tubuh tidak sensitif bahkan peka terhadap insulin. Itulah mengapa bisa meningkatkan kadar gula dalam darah.

Seperti di jelaskan oleh para ahli bahwa orang yang kegemukan atau terlalu banyak lemak dalam tubuhnya memiliki risiko tinggi terkena diabetes. Oleh karena itu, tidak perlu menunda lagi untuk segera memulai memperoleh berat badan ideal agar terjauh dari diabetes. Mengontrol lemak yang masuk dalam tubuh termasuk sebagai salah satu upaya untuk mencegah terkena kencing manis. Anda lah yang menentukannya. Sehingga jangan tunda untuk mengatur konsumsi lemak yang masuk dalam tubuh dan membakarnya melalui olahraga secara teratur.

Setidaknya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol masuknya lemak dalam tubuh, antara lain :
1. Cerdas memilih makanan yang dikonsumsi. Semakin selektif untuk mengonsumsi makanan dengan mengurangi makanan yang digoreng atau dimasak dengan santan. Sebaiknya memilih makanan yang dipanggang, direbus, dikukus, bisa juga diungkep.
2. Hindari makan daging ayam dengan kulitnya. Bagian kulit ayam memang terasa gurih karena bagian bumbunya sangat terasa. Namun ketika Anda mengonsumsi daging ayam tanpa kulitnya, ternyata mampu mengurangi konsumsi lemak dari ayam hingga 50 persen.
3. Ganti menu camilan. Ngemil saat nonton televisi, lembur pekerjaan, teman membaca memang enak. Namun hal tersebut bisa menambah lemak tubuh ketika menu camilan tersebut gorengan maupun snack ringan seperti chips dan lainnya. Jika tidak bisa menghentikan ngemil, ganti menu camilan dengan buah.
4. Hindari minuman yang mengandung santan, susu full cream, kopi dengan susu maupun whipper cream. Karena tanpa disadari sebenarnya, konsumsi minuman-minuman tersebut juga bisa menyumbangkan porsi lemak yang menumpuk dalam tubuh.
5. Pilih lemak yang sehat. Meskipun lemak memang disarankan untuk dijauhi namun ada lemak yang baik untuk tubuh. Lemak tersebut adalah Asam Lemak Tak Jenuh Ganda dan Asam Lemak Tak Jenuh Tunggal. Lemak tersebut bisa diperoleh pada buah alpukat dan kacang. Apalagi kedua lemak tersebut juga baik untuk kesehatan jantung. Tapi jangan mengonsumsi buah alpukat dengan susu dan gula. Dan lebih baik mengonsumsi kacang rebus atau sangrai bukan digoreng.

Memang harus bijak dalam mengontrol lemak dalam tubuh. Dampak menumpuknya lemak dalam tubuh menjadi salah Faktor Penyebab Diabetes.

0 comments:

Post a Comment