Tepat Memilih Makanan untuk Mengontrol Gula Darah

Dengan memilih makanan yang tepat untuk mengontrol gula darah erat kaitannya dengan Indek Glikemik makanan tersebut. Indeks Glikemik bisa dipahami sebagai tingkatan angka yang ditunjukkan makanan yang berpengaruh terhadap naiknya glukosa darah. Ketika makanan tersebut mudah dicerna dan diserap tubuh maka disebut sebagai IG tinggi sedangkan makanan yang membutuhkan proses cerna disebut sebagai IG rendah. IG tinggi biasanya dimiliki sumber karbohidrat simplek atau sederhana seperti gula dan sirup.
Dengan memilih makanan yang tepat untuk mengontrol gula darah erat kaitannya dengan Indek Glikemik makanan tersebut. Indeks Glikemik bisa dipahami sebagai tingkatan angka yang ditunjukkan makanan yang berpengaruh terhadap naiknya glukosa darah. Ketika makanan tersebut mudah dicerna dan diserap tubuh maka disebut sebagai IG tinggi sedangkan makanan yang membutuhkan proses cerna disebut sebagai IG rendah. IG tinggi biasanya dimiliki sumber karbohidrat simplek atau sederhana seperti gula dan sirup.

Sementara IG lebih rendah dimiliki sumber karbohidrat komplek seperti roti gandum dan oat. Bisa dikatakan IG tinggi ketika berada pada nilai lebih dari 70, kategori sedang berada pada 55 hingg 70 dan IG rendah pada kurang dari 55.

Bagaimana cara Tepat Memilih Makanan untuk Mengontrol Gula Darah tersebut. Apakah makanan IG rendah merupakan makanan yang tidak manis? Tidak juga. Karena buah-buahan yang memiliki rasa yang manis cenderung memiliki kadar IG lebih rendah. Mengapa demikian? Pasalnya buah dan sayuran memiliki proses yang lama untuk dicerna karena memiliki kandungan banyak serat. Makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi cenderung memiliki IG rendah dan membutuhkan proses lama mencernanya. Sehingga gula darah meningkat lebih lambat juga.

Sederhananya, Anda perlu lebih tegas dalam memilih berbagai jenis makanan. Lebih baik lagi jika memiliki semacam daftar makanan dengan IG yang rendah, kemudian lebih mudah dalam menentukan menu sehari-hari, misalnya saja :
1. Ketika ada pilihan menu nasi merah atau putih sebaiknya memilih nasi merah. Karena proses penggilingan pada nasi merah cenderung lebih sedikit sehingga zat gizi nasi merah juga lebih banyak. Kandungan seratnya juga lebih tinggi.  Rasanya memang tidak seenak nasi putih namun efek yang ditimbulkan tentu lebih baik nasi merah.

2. Jika sebelumnya suka mengonsumsi roti tawar segera ganti dengan roti gandum. Dikonsumsi tanpa selai, susu ataupun madu. Toh rasanya juga tetap enak. Jika ada gunakan selai buah tanpa gula. Mungkin Anda bisa membuatnya sendiri.

3. Jika sebelumnya suka mengonsumsi teh manis segera ubah kebiasaan tersebut dengan mengonsumsi teh tawar. Bisa teh hijau ataupun teh hitam. Untuk menambah rasa bisa ditambah dengan irisan jahe. Rasa yang nikmat dan khasiatnya juga lebih manjur karena mampu mengontrol kadar gula darah.

4. Camilan dengan snack manis segera ganti dengan camilan buah atau sayur yang dibuat salad. Sayur dan buah memiliki serat yang baik  untuk tubuh. Selain menjaga perut tetap kenyang, kandungan seratnya juga membuat kadar gula naik lebih lambat.

5. Hindari makanan berlemak seperti kulit ayam, junk food, gorengan, dan lainnya. Lemak yang terlalu tinggi bisa membuat insulin tidak mampu bekerja lebih efektif. Akibatnya gula tidak mampu terserap tubuh dengan baik dan menumpuk dalam tubuh. Pilih lemak yang baik seperti omega 3 dan 6 yang bisa ditemukan pada ikan salmon, minyak zaitun, kacang, alpukat dan lainnya.


Agar lebih Tepat Memilih Makanan untuk Mengontrol Gula Darah sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda dan buat daftarnya jika perlu.

0 comments:

Post a Comment