Indramayu Kota Wisata Populer di Jawa Barat

Indramayu Kota Wisata- Anda pernah ke kota wisata Indramayu? atau anda justru menetap di kabupaten indramayu, tentu tidak perlu diceritakan tentang indramayu dengan potensi wisatanya yang luar biasa dan  kian menggeliat berkat dukungan penuh dari pemerintah daerah dan masyarakat yang bahu-membahu demi mewujudkan salah satu visi untuk mengembangkan kabupaten kota indramayu menjadi destinasi wisata terbaik di Indonesia. luar biasa bukan? baca juga: Sail Sabang 2017

Indramayu Kota Wisata di Jawa Barat

So, Pada ulasan kali ini tentang Indramayu Kota Wisata akan memandu Anda untuk melihat pesona dan daya tarik wisata indramayu. Artikel reviu ini akan mencoba mengeksplorasi tempat-tempat wisata terbaik dan eksotis di indramayu, pesona wisata kuliner yang nyam-nyam, seni budayanya, adat istiadat, bahasa serta sejarahnya yang merupakan aset dan kebanggaan kota indramayu dan jawa barat yang akan terus lestari sepanjang masa.


Pada dasarnya terdapat banyak daerah di Indonesia yang memiliki kekayaan alam dan budaya yang potensial untuk dikembangkan dalam kerangka kepariwisataan serta memiliki kemampuan untuk menjadi salah satu destinasi pariwisata kelas dunia. Kekayaan alam berbasis bahari merupakan potensi yang tinggi untuk dikembangkan tanpa menghilangkan potensi yang ada di daratan seperti danau, air panas dan sungai.

Potensi kekayaan budaya juga patut diperhitungkan dalam mengembangkan suatu daerah sebagai destinasi utama. Keanekaragaman budaya dan kesenian telah dikenal masyarakat dunia, termasuk keterbukaan dan keramahan masyarakat, serta kekayaan kuliner dipercaya memberi andil besar bagi tumbuhnya minat masyarakat Indonesia untuk datang berkunjung ke suatu daerah. Selain dari potensi alam dan budaya, keberadaan infrastruktur aksesibilitas udara dan laut yang memadai mampu menjadi pendukung pengembangan daerah sebagai destinasi wisata Indonesia. Sarana dan prasarana kepariwisataan juga perlu mengalami peningkatan kapasitas dan kualitas pelayanan yang memadai.

Sekilas Sejarah Kota Indramayu

Kabupaten Indramayu merupakan satu dari 18 Kapbupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat, dimana pusat ibukotanya terletak di Indramayu sekaligus menjadi basis dan pusat pemerintahan kabupaten. Kecamatan Jatibarang dan Haurgeulis merupakan sentra atau pusat keramaian di Indramayu, alasannya sederhana karena di Jatibarang terdapat pusat pasar dan memiliki akses yang baik, seperti adanya stasiun kereta api, jalur pantura yang mudah diakses, sama halnya dengan kecamatan Haurgeulis yang dilalui lajur perlintasan kereta api.

Kecamatan Haurgeulis merupakan salah satu kecamatan yang memiliki karakteristik / kultur masyarakat yang heterogen. Letak geografisnya yang strategis membawa pengaruh pada pola hidup keseharian masyarakatnya. Suku Jawa masih merupakan golongan yang dominan di Haurgeulis, diikuti Sunda, Cina, Minang dan Arab. Sebagian besar dari orang-orang Cina, Arab dan Minang adalah orang-orang pendatang dan perantauan yang membuka usaha di Haurgeulis. Sedangkan bahasa yang digunakan di gunakan adalah bahasa Jawa, Sunda, dan bahasa Indonesia.

Jika Anda mempelajari sejarah kota indramayu tentu banyak juga cerita atau legenda yang menjelaskan asal muasal kota indramayu seperti cerita dalam buku “Babad Dermayu” yang menceritakan penghuni pertama kota Indramayu yakni Raden Aria Wiralodra yang berasal dari daerah Bagelen Jawa Tengah yang kemudian memberi nama Indramayu dari nama “ Darma Ayu” atau Derma Ayu” diambil dari nama Endang “Darma” yang “Ayu atau Cantik. Karena parasnya Nyi ending Darma benar-benar jelita, dan inilah yang sekarang kita kenal dengan Indramayu yang terkenal dengan buah mangganya yang harum dan manis.

Kabupaten Indramayu batas sebelah utaranya adalah Laut Jawa, sebelah tenggara Kabupaten Cirebon, bagian selatan kabupaten Majalengka dan Sumedang, serta sebelah barat Kabupaten Subang. Hingga kini Kabupaten Indramayu kian berkembang dan semakin maju, dengan potensi-potensinya, termasuk potensi wisatanya yang menjanjikan,dan inilah yang menjadi komitmen pemerintah daerah bersama-sama dengan masyarakat untuk mengembangkan Kota Indramayu sebagai salah satu Kota Wisata di Indonesia yang patut diperhitungkan.

Tempat-Tempat Wisata Alam Eksotis di Indramayu Jawa Barat yang wajib Anda Kunjungi Obyek

 Wisata Pulau Biawak Indramayu

Pulau biawak terletak sekitar 40 km dari Indramayu, Jawa Barat jaraknya yang agak jauh dan aksesnya yang masih cukup sulit dengan waktu tempuh sekitar 5 jam perjalanan dengan menggunakan perahu seadanya (kapasitas 10-13 orang) yang bermula dari Desa Brondong Indramayu.

Apa yang menarik dari Obyek Wisata pulau biawak? Pertama, suguhan pemandangan alam bawah laut yang asri akan membuat Anda terpesona dan akan betah berlama-lama di pulau ini, Anda dapat melihat keindahan terumbu karang yang cantik-cantik & melihat sekawanan ikan-ikan yang berenang bergerombol memberikan sensasi yang menyenangkan, lokasi yang terbaik untuk snorkling adalah di sebelah kiri dermaga. Hati-hati yaa berenang di sekitaran pantai menjelang matahari terbenam karena tidak jarang ada biawak yang ikut berenang. Kedua, Biawak (Varanus Salvator) Coba Anda  perhatikan sekilas bahwa biawak sangat mirp dengan komodo, walaupun bentuk nya lebih kecil, masih saudara kali ! biasanya biawak akan lari masuk kedalam hutan jika di daerah dermaga terdapat banyak orang, cara memancingnya untuk keluar adalah dengan memberi umpan ikan yang memang makanan favoritnya. Menarik bukan? Jika Anda masih penasaran, silahkan berkunjung ke pulau biawak ya!

Pesona Pantai Tirtamaya Indramayu

Bagi Anda yang suka berwisata di pantai dan melihat pemandangan laut yang indah, salah satu tempat wisata yang cocok buat Anda adalah pantai Tirtamaya Indramayu, mengapa? Deburan ombaknya membuat Anda betah berlama-lama di pantai ini sembari menikmati pemandangan yang indah apalagi saat senja Anda dapat menyaksikan matahari kembali ke peraduannya, pokoknya banyak hal yang menyenangkan disana. Namun memang di lokasi pantai ini tidak dianjurkan untuk melakukan aktivitas seperti diving atau snorkeling, karena ombak di pantai ini cukup besar, hal yang biasanya wisatawan lakukan hanyalah sekedar piknik, berenang, atau menikmati pemandangan saat matahari terbenam

Eksotisme Kampung Wisata Sindang Ayu Indramayu

Sejak di resmikan tahun 2010 lalu, destinasi wisata kampung sindang ayu indramayu ini sudah ramai didatangi wisatawan baik yang berasal dari dalam dan luar kota indramayu. Konsep wisata dikampung sindang ayu unik dan berbeda dengan konsep wisata kampung pada umumnya. Kampung Sindang Ayu berlokasi di jalan Sindang-Wawantara dalam Kecamatan Sindang. Kampung Indang Ayu merupakan kampong wisata terlengkap khusus indramayu dan sekitarnya, dan didalamnya terdapat banyak fasilitas dan saran hiburan yang akan membuat Anda dan keluarga benar-benar nyaman dan senang karena Ada banyak wahana permainan yang bisa kamu coba, diantaranya flying fox, banana boat, perahu bebek, bola air, becak air, perahu kodok, speed boat, spidernet, outbond, terapi ikan, atv, berkuda, agro wisata ikan, dan rumah makan yang terapung disisi rawa. Flying fox di Sindang Ayu memiliki ketinggian 15 meter dengan panjang lintasan flying fox sekitar 160 meter.

Satu lagi, ternyata wisata kuliner di kampung wisata sindang ayu tidak kalah menariknya dan sangat layak di coba, dengan menganut konsep rumah makan terapung yang dilengkapi dengan tempat duduk bergaya lesehan membuat kampong sindang ayu menjadi salah satu tempat wisata kuliner terbaik di indramayu. Disini kamu bisa membeli menu makan ikan yang ikannya diambil langsung dari tambak para petani ikan di sekitar rawa, misalnya ikan gurame, bandeng, ikan mas, nila merah, dll. Ada juga menu makan lainnya yaitu berupa jajanan pasar, sayur asam, kacang rebus, lalapan rebus, dan keong sawah, tutut atau kraca. Jangan khawatir dengan harga makanan karena harga makanan disini terjangkau.

Obyek Wisata Taman Cimanuk Indramayu

Lokasi wisata taman cimanuk berlokasi tepat di belakang masjid agung indramayu atau di bawah jembatan utama dekat pendopo indramayu, ditaman ini Anda bisa bersantai bersama teman-teman, keluarga, atau orang-orang terdekat Anda sembari menikmati makanan dan minuman yang banyak dijual dipinggir taman, atau Anda juga bisa membawanya dari rumah. Fasilitas taman wisata cimanuk secara perlahan terus di lengkapi seperti saat ini sudah tersedianya tempat sampah yang memadai yang memungkinkan para pengunjung tetap menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Pesona Wisata Kuliner Indramayu

Oh ya saat berada di Indramayu jangan lupa untuk menjelajahi wisata kuliner dan minuman khas indramayu yang terkenal sangat lezat, menyegarkan dan membuat selera makan Anda meningkat tajam seperti nasi lengko, rumbah/tumbuk/loteh, karedok, nagasari, koci burbacek, kerupuk kulit ikan, kerupuk udang, terasi, apem/cimplo, keripik melinjo, pedesan entog, petis, tike, lepat, pindyang gombyang, blendug jagung, blengep cotot, glintir geblog. Saat pulang jangan lupa bawa oleh-oleh khas dari indramayu seperti buah mangga, dodol manga yang sangat ditunggu-tunggu anggota keluarga saat Anda tiba dirumah nanti.


Namun, tantangan pembangunan kepariwisataan Indonesia khususnya di kota Indramayu tentu tidak terlepas berbagai masalah, tantangan dan hambatan baik yang berskala global maupun nasional. Selain itu diperlukan pula perubahan paradigma dalam memandang pariwisata dalam konteks pembangunan nasional. Pariwisata tidak lagi semata dipandang sebagai alat peningkatan pendapatan nasional, namun memiliki spektrum yang lebih luas dan mendasar. Oleh karenanya pembangunan kepariwisataan Indonesia memerlukan fokus yang lebih tajam serta mampu memposisikan destinasi pariwisatanya sesuai potensi alam, budaya dan masyarakat yang terdapat di masing-masing daerah.

Dalam konteks ini, setiap daerah harus dapat memposisikan dirinya dalam kerangka pembangunan kepariwisataan nasional dengan diimbangi dengan perencanaan yang matang dan upaya-upaya peningkatan kompetensi SDM yang berkualitas dunia. Pada lampiran disajikan pula berbagai indikator ekonomi perkembangan kepariwisataan Indonesia yang dapat dipergunakan dalam mengembangkan kepariwisataan di berbagai daerah khususnya dalam konteks pengembangan wisata bahari dan yang lainnya.

Demikian paparan singkat tentang potensi-potensi wisata yang dimiliki kota indramayu yang sangat menjanjikan, sehingga tidaklah berlebihan jika kota indramayu dijuluki sebagai kota wisata.

Popular Posts

EduApps.co.id Soal Ujian Nasional, Ujian Sekolah dan Ulangan Harian Terlengkap di Indonesia

Kenali Bahaya dan Komplikasi Diabetes

7 Jus Yang Efektif Menurunkan Gula Darah