Apa Itu Diet Golongan Darah? Baca Yuk !

Apa Itu Diet Golongan Darah? - Diet tentu memiliki manfaat buat semua orang, baik yang memiliki tubuh gemuk, proporsional maupun yang kurus, karena dengan diet yang benar dan menerapkan pola hidup sehat dalam keseharian kita akan membuat tubuh sehat dan lebih kuat meskipun di usia senja nanti. Tentunya Anda sudah mengetahui banyak macam diet yang berkembang di masyarakat saat ini, salah satu diet yang terbaru dan cukup heboh saat ini adalah “diet golongan darah” apa itu? Diet yang dilakukan berdasarkan jenis golongan darah si pelaku diet, misalnya diet golongan darah A, B, AB, O. Dimana menurut beberapa hasil penelitian dan penemu jenis diet jenis ini, menjelaskan bahwa diet menghasilkan reaksi yang berbeda terhadap setiap jenis makanan yang dikaitkan dengan masing-masing golongan darah. Sepertinya hal tersebut cukup masuk akal, mengingat kondisi tubuh setiap orang juga berbeda-beda, sehingga penerapan diet masing-masing orang pastinya berbeda pula, disesuaikan dengan jenis golongand arah masing-masing.

Gambar : FreeDigitalPhotos.net

Oke langsung saja kita simak karakteristik masing-masing jenis diet golongan darah, mulai dari darah golongan darah O, B, A dan AB berikut ini:

Diet Golongan Darah O
Karakteristik diet golongan darah O adalah makanan dikelompokkan ke dalam 3 golongan utama, yakni makanan sangat baik, netral, dan makanan yang harus dihindari. Makanan kategori sangat baik disebut makanan penyembuh, kategori netral adalah makanan yang tidak akan memberi pengaruh jika dikomsumsi, dan terakhir makanan yang harus dihindari  adalah makanan yang bisa merugikan dan menjadi racun di dalam tubuh. Makanan yang dianjrukan untuk diet golongan darah O adalah jenis sayuran hijau, makanan dengan akdar protein hewani yang cukup tinggi, termasuk makanan laut atau seafood. Hindarilah jenis sayuran seperti terong, jamur, kentang, tauge atau jenis sayuran yang banyak mengandung lektin. Tujuannya adalah untuk menghindari dari risiko masalah atau gangguan pada lambung, laergi, nyeri sendi. Untuk makanan kategori netral diantaranya sardine, ikan tuna, tempe, tahu, ayam dan susu kedelai. Dan untuk olahraga yang cocok adalah jenis olahraga kardio misalnya jogging di pagi hari, berendang, bersepeda, sehingga bisa memberikan impact yang baik untuk kesegaran tubuh Anda.

Diet Golongan Darah A
Bagi Anda yang memiliki golongan darah A, menjadi vegetarian sepertinya sangat cocok dengan kamu, mengapa? Karena orang dnegan tipe golongan darah A sangat dianjurkan banyak mengkomsumsi sayur,dan buah-buahan dan membatasi mengkomsumsi daging, merah, daging kelinci, bebek, makanan laut ( udang, cumi, lobster ) termasuk makanan tinggi lemak seperti keju, susu ice cream, makanan tinggi karbo seperti ubi. Ikan tuna, telur, roti gandum, kurma, dan daging ayam ,asih diperbolehkan untuk dikomsumsi karena cenderung bersifat netral dan tidak memberi pengaruh negative yang signifikan pada tubuh. Sedangkan jenis olahraga yang cocok untuk golongand arah A adalah olahraga santai seperti berjalan, taichi, atau olahraga outdoor ringan selama 30 menit setiap hari.

Diet Golongan Darah B
Anda mempunyai golongan darah B? kabar baik buat kamu karena ternyata golongand arah B merupakan jenis golongan darah yang memiliki tingkat antibody yang paling tinggi disbanding golongan darah yang lainnya lho ! sehingga umumnya pemiliki golongan darah B jarang terserang penyakit. Rajin mengkomsumsi ikan laut, keju, dan yoghurt, wortel, brokoli, terong karena kesemua itu sangat baik untuk kesehatan kamu.
Makanan yang perlu dihindari seperti daging bebek, daging ayam, kacang tanah, olahan gandum, jagung, alpukat, belimbing, pir dan air soda karena dapat meningkatkan risiko penggumpalan darah dan serangan jantung. Sedangkan makanan seperti cumi-cumi, daging sapi, mentega, telur ayam dan kacang merah memiliki sifat netral. Olahraga yang cocok seperti balet, dance merupakan pilihan untuk golongan darah B.

Diet Golongan Darah AB
Jenis diet golongan darah yang terakhir adalah diet golongan darah AB, jenis golongan darah ini disebut golongand arah yang unik dan misterius, kenapa ya? Karena golongan dara AB bisa menyesuaikan diri dengan berbagai jenis makanan, jadi jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan jenis golongand arah lainnya. Jadi komsumsi dagingd an juga sayuran tentu sangat baik untuk jenis golongan darah AB. Olahraga yang cocok adalah jogging ringan, pilates atau yoga.

Demikian 4 jenis diet golongan darah mulai dari diet golongan darah A, O, B dan AM. Apa jenis golongan darah Anda? coba lakukan diet golongan darah dengan menyesuaikan jenis golongan darah, semoga Anda semakin sehat ya ! selamat mencoba :)

Referensi : http://berandasehat.com/diet-golongan-darah-a/

Popular Posts

EduApps.co.id Soal Ujian Nasional, Ujian Sekolah dan Ulangan Harian Terlengkap di Indonesia

Kenali Bahaya dan Komplikasi Diabetes

7 Jus Yang Efektif Menurunkan Gula Darah